Info Sekolah
Jumat, 24 Mei 2024
  • Modern Religius Kompetitif | Sekolah Model Berkarakter Penuh Prestasi

Belajar Demokrasi, Pemilihan Ketua OSIS SMA Wahid Hasyim Serasa Pemilu

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah / Kegiatan Sekolah

SMADEL–Alhamdulillah di awal bulan September 2022 ini, SMA Wahid Hasyim Model telah melahirkan pemimpin muda yang baru yang insyaAllah siap mengabdikan diri dalam memajukan nama sekolah. Kamis, 1 September 2022, OSIS SMA Wahid Hasyim Model menggelar pemungutan suara untuk memilih ketua OSIS periode 2022-2023 di halaman sekolah. Agenda Pemilihan Ketua OSIS (PILKATOSIS) ini merupakan program kerja OSIS periode 2021-2022 sebagai upaya regenerasi untuk melanjutkan perjuangan dan estafet kepemimpinan.

Proses penentuan kandidat berlangsung secara ketat. Dimulai dari pendaftaran pengurus OSIS baru, tes tulis dan tes wawancara pada tanggal 13 Agustus, dilanjutkan dengan seleksi dari dewan guru dan yang terakhir merupakan pemilihan ketua melalui pemungutan suara langsung dari seluruh masyarakat sekolah.

Adapun yang menjadi kandidat terpilih  sebagai calon ketua OSIS yakni, kandidat pertama dari kelas XI MIPA 1 bernama Haikal, kandidat kedua juga dari kelas XI MIPA 1 yaitu Azlina Dwi Fahirah, kandidat ketiga berasal dari kelas XI IPS 1 bernama Ardhini Daniah Arum, dan yang terakhir berasal dari kelas XI IPS 2 yaitu M. Firdaus.

Proses pemilihan berjalan dengan lancar yang diawali dengan pembukaan yang secara langsung oleh Kepala Sekolah SMA Wahid Hasyim Model yakni Dr. H Ahmad Zaki Fuad,  M.Ag. dan sambutan ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Muhammad Romadhon Al Ghoni yang juga merupakan ketua OSIS demisioner.

“Pemilihan ketua OSIS ini sebetulnya adalah bagian dari menjalankan perintah agama, yaitu memilih pemimpin. Saya yakin semua kandidat adalah yang terbaik. Silakan pilih kandidat yang menurut kalian sesuai kompetensi dan kualifikasi,” terang Bapak Kepala Sekolah.

Seluruh warga sekolah sangat antusias untuk menggunakan hak pilih mereka demi ikut serta memilih pemimpin yang mereka yakini bisa menjalankan amanah dengan baik. Terbukti sebanyak 335 suara telah tersalurkan atau sekitar 91% dari warga sekolah berpartisipasi dalam pesta demokrasi ini. Berdasarkan hasil perhitungan suara, M. Firdaus terpilih menjadi ketua OSIS periode 2022-2023 dengan perolehan suara sebanyak 177. Unggul jauh di atas kandidat lain; Haikal 45, Azlina Dwi Fahirah 33, dan Ardhini Daniah Arum 57.

Rencana setelah Pilkatosis, pengurus OSIS periode 2022/2023 yang terpilih akan melaksanakan kegiatan LDKMS (Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen Sekolah) pada tanggal 7 September 2022 mendatang. Untuk ketua OSIS terpilih beserta jajaran pengurus OSIS yang terbentuk nantinya diharapkan dapat mengemban tanggung jawab dengan ikhlas dan penuh amanah. Selain itu menjadi pengurus OSIS harus memiliki kesungguhan dalam berorganisasi, mampu mengimplementasikan ide-ide kreatif, dan bisa lebih baik dari kepengurusan sebelumnya.

“Pilkatosis merupakan pesta demokrasi yang jujur dan adil dalam memilih ketua OSIS. Demikian merupakan pembelajaran yang praktis dan berbasis pengalaman. Tak hanya itu, panitia yang tergabung dalam KPPS semangat daya kerjanya luar biasa serta teamwork yang solid. Saya secara pribadi sangat mengapresiasi dan mengucapkan  terima kasih yg sebesar-besarnya. Dan pesan saya untuk pengurus  OSIS terpilih, belajarlah yang sungguh-sungguh dalam berorganisasi, milikilah ide-ide kreatif, bangun satuan organisasi yang solid, dan selangkahlah lebih maju dari OSIS sebelumnya,” ujar Pak Ubaidillah, S. Pd.I. selaku pembina OSIS. (Anita/NH)