Info Sekolah
Jumat, 24 Mei 2024
  • Modern Religius Kompetitif | Sekolah Model Berkarakter Penuh Prestasi

Kelas XII SMA Wahas Dibekali Pelatihan Life Skill

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah / Kegiatan Sekolah / Umum

SMADEL–SMA Wahid Hasyim Model Sumberwudi kembali adakan pelatihan life skill untuk bekal siswa-siswi kelas XII di masa akhir sekolah. Life skill adalah program pelatihan yang bersifat aplikatif dan dapat dipraktekkan untuk membentuk kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi tantangan pasar tenaga kerja dan sumber daya manusia (SDA). Kegiatan ini diadakan setiap satu tahun sekali. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan keahlian siswa dalam menghadapi perannya di masa yang akan datang. Program life skill ini merupakan salah satu persyaratan kelulusan siswa kelas XII SMA Wahid Hasyim Model, yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 27-29 April 2024.

Melalui kegiatan life skill ini para siswa/i kelas XII SMA Wahid Hayim Model diberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan peluang pekerjaan setelah lulus dari SMA. Meskipun sekolah kami adalah sebuah sekolah SMA yang pastinya lebih identik dengan kegiatan  pemikiran yang kritis dan logis, tetapi di samping itu sekolah kami juga membuat sebuah program kegiatan life skill yang pastinya akan memberikan wawasan untuk langsung kerja praktik seperti halnya sekolah SMK, hingga semua siswa-siswi yang telah lulus dari SMA  mempunyai bekal dan wawasan untuk membuka usaha sebelum masuk kuliah ataupun bagi yang memilih tidak melanjutkan untuk kuliah.

Bidang yang dipilih dalam life skill kali ini tentunya menyesuaikan dengan perkembangan dan peluang dalan dunia kerja. Selain itu, bidang pelatihan yang dipilih juga didasarkan atas minat para siswa/i. Adapun bidang yang menjadi fokus dalam program life skill kali ini adalah tata rias, tata boga, sablon, dan barista. Masing- masing bidang tersebut merupakan beberapa bidang zaman sekarang yang berpotensi dan telah melalui seleksi oleh bapak/ibu guru, serta sesuai dengan minat dan bakat para siswa siswi SMA Wahid Hasyim Model.

Peserta didik kelas XII pun sangat antusias untuk mengikuti pelatihan life skill. Pada program life skill kali ini, jenis pelatihan yang paling banyak diminati oleh siswa adalah bidang pelatihan barista dan masih didominasi oleh pelajar laki-laki.  Hal ini dikarenakan trend ‘nongkrong di warung kopi’ bagi kalangan muda menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka untuk bukan hanya sekedar menjadi penikmat kopi, namun bagaimana mereka juga bisa menguasai skill dalam membuat kopi dengan rasa yang enak dan berkreasi sesuai dengan selera yang diinginkan.

“Pelatihan life skill yang diadakan oleh SMA Wahas Model selama 3 hari, memberikan begitu banyak manfaat bagi saya dan teman-teman sebagai siswa kelas 12. Dengan adanya pelatihan tersebut, kami memiliki bekal, sehingga dapat menjawab tantangan zaman. Kegiatan semacam ini sangat diperlukan untuk bekal kami sebagai lulusan SMA yang pastinya ada yang kuliah dan tidak sedikit yang memilih untuk bekerja,” kata Difa Alvita Rifdatun Nailah salah satu siswi kelas XII SMA Wahas Model.

Adapun beberapa pesan  kesan dan harapan dari ketua panitia penyelengara kegiatan life skill pada tahun 2024 ini, yaitu Bpk. Fuji Cahyono S. Pd., beliau  berharap bawah seluruh siswa siswi SMA Wahid Hasyim Model yang telah lulus untuk bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat dan kehidupannya, selalu semangat meraih cita-cita dan tujuannya, dan tak akan pernah lupa akan guru-gurunya. Selain itu beberapa pesan dan kesan beliau adalah untuk angkatan tahun ini sangatlah baik dan penuh dengan semangat hingga menumbuhkan sebuah antusias yang tinggi akan kehidupannya, dan sebagai alumni jangan lupa untuk selalu menjadi orang-orang yang memberikan manfaat pada semua orang.