Info Sekolah
Jumat, 24 Mei 2024
  • Modern Religius Kompetitif | Sekolah Model Berkarakter Penuh Prestasi

PAWAI TA’ARUF DALAM RANGKA MENYAMBUT TAHUN BARU ISLAM 1445 HIJRIYAH

Diterbitkan : - Kategori : Umum

 SMADEL – Dalam rangka mengakhiri tahun 1444 Hijriyah dan menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, seluruh siswa siswi Yayasan Ponpes Nurul Huda mengadakan Pawai Ta’aruf yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 20 Juli 2023 bertempat di halaman Yayasan Ponpes Nurul Huda.

Sebelum pawai diberangkatkan ada sedikit sambutan sekaligus prakata pembukaan acara Pawai Ta’aruf ini yang disampaikan oleh Bapak KH. Ahmad Anwari, B.A. Sambutan tersebut berisi akan maksud dan tujuan gebyar peringatan tahun baru islam kali ini yang dikemas dalam pawai ta’aruf.

Terdapat dua desa yang menjadi rute dalam Pawai Ta’aruf ini, yaitu Desa Sumberwudi dan Desa Karangwungu. Masyarakat yang dilalui pawai ta’aruf sangat antusias menyaksikan dan tak sedikit dari warga yang memberikan minuman dan makanan kepada peserta pawai ta’aruf yang lewat di depan rumah mereka.

Setelah pawai ta’aruf dilanjutkan pembagian doorprize kepada peserta pawai ta’aruf melalui kupon undian yang telah dibagikan. Hadiahnya pun cukup menarik, mulai dari peralatan rumah tangga hingga hadiah utama yaitu mesin cuci.

“Tujuan pawai ta’aruf ini merupakan bentuk rasa syukur sekaligus syi’ar bagi umat Islam untuk berbenah atau memperbaiki dirinya dalam menyambut tahun baru Islam. Tahun baru hijriyah tahun ini jatuh pada hari Rabu Legi bertepatan dengan tanggal 19 Juli 2023,“ ujar KH. Ahmad Anwari, B.A dalam sambutannya.

“Seperti halnya kita ketahui bersama, bahwasannya Rasulullah SAW berjuang untuk cinta damai terhadap semuanya. Namun pada masa itu, Rasulullah hanya bisa berjuang dengan beberapa orang pendukungnya saja, akan tetapi perjuangan serta jasanya dalam melahirkan Islam dapat dirasakan oleh seluruh umat manusia hingga kini,” jelasnya.

Maka mengingat dari sejarah perjuangan dan pengorbanan Rasulullah SAW pada masa itu akan memperjuangkan Islam, kita patut bersyukur dengan upaya meningkatkan keimanan kita, rasa cinta (mahabbah) terhadap Islam sehingga dapat menerapkan syariat Islam sepenuhnya menuju Islam yang kaffah. (Wnd/dn)