Info Sekolah
Selasa, 28 Jun 2022
  • SELAMAT DATANG PESERTA DIDIK BARU DI SMA WAHAS MODEL 2022/2023

PEMBINAAN KURIKULUM PROTOTIPE OLEH PENGAWAS CABDIN

Diterbitkan : - Kategori : Umum

Hari ini telah dilaksanakan pembinaan oleh pengawas sekolah tentang kurikum prototipe kepada bapak ibu dewan guru SMA Wahid Hasyim Model. Pembinaan ini dilaksanakan di meeting room gedung sekolah SMA Wahid Hasyim Model Karanggeneng.  Drs. H. Salamun, M.Pd bersama Bapak Suyatno, M.Pd., M.Kom memberikan penjelasan secara komprehensif tentang kurikulum terbaru yang diterapkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kurikulum prototipe merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek.  Pembelajaran berbasis proyek tersebut diharapkan dapat mendukung pengembangan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila dan memungkinkan para siswa dan guru lebih merdeka dalam belajar.

Setelah sosialisasi kurikulum prototipe, dilanjutkan dengan sosialisasi akun pembelajaran belajar.id. Belajar.id adalah sebuah platform pembelajaran digital yang disediakan oleh Kemendikbudristek yang dapat berguna bagi guru maupun peserta didik untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar melalui berbagai aplikasi pembelajaran. Platform pembelajaran ini dapat digunakan untuk kegiatan belajar mengajar secara tatap muka maupun jarak jauh. Dalam pembinaan tersebut, bapak ibu dewan guru yang sudah memiliki akun belajar.id diharuskan untuk menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB. Hal ini sesuai dengan peraturan oleh Dirjen GTK bahwa akun belajar.id sebagai Single Sign on (SSO) SIMPKB. Diantara tujuan dari menautkan akun belajar.id dengan SIMPKB adalah untuk menunjuang pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh sekolah baik di masa pendemi maupun kondisi new normal. Sehingga berbagai aplikasi dan layanan dari manfaat belajar.id ini dapat dimanfaatkan oleh para guru dan siswa untuk mengakses berbagai kebutuhan belajar mengajar.