Info Sekolah
Jumat, 24 Mei 2024
  • Modern Religius Kompetitif | Sekolah Model Berkarakter Penuh Prestasi

Pondok Ramadhan sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

SMADEL–Pondok Ramadhan adalah salah satu agenda rutin di bulan ramadhan yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga pendidikan. Sebagai sekolah yang memiliki tagline “modern dan religius”,  SMA Wahid Hasyim tentu saja tidak ketinggalan dalam melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan.  Mengingat bulan Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Setiap sekolah pun memiliki cara dan program masing-masing dalam melaksanakan Pondok Ramadhan. Pondok Ramadhan di SMA Wahid Hasyim dilaksanakan mulai tanggal 03 – 12 April 2023 selepas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), yaitu mulai pukul  09.15 s/d 10.30 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa/i SMA Wahid Hasyim Model dari kelas X – XII. Adapun pelaksanaan KBM pada Bulan Ramadhan kali ini masih tetap berjalan mulai dari pukul 08.15 s/d 09.00 WIB sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Kegiatan Pondok Romadhan diawali dengan sholat dhuha berjamaah dan dilanjutkan dengan tadarus Alqur’an hingga pukul 09.45. Setelah itu, peserta didik menuju ruangan yang telah ditentukan untuk mengikuti pengajian kitab yaitu Kitab Taisirul Kholaq untuk kelas X sedangkan peserta didik kelas XI mempelajari Kitab Wasiyatul Musthofa. Adapun ustadz dan ustadzah yang menjadi pembina pengajian kitab tersebut diantaranya adalah Ustadzah Hj. Siti Nuryanti, M.Ag, Ustadz Ubaidillah, S.Pd.I, Ustadz Sulaiman, Ustadz M. Nur Hassan, S.Pd, M.Pd, Ustadz Ahmad Munib Junaidi, S.Pd.I, Ustadz KH. Suudil Azka, S.Pd, Ustadz Drs. KH. Abdul Azis M.Pd.I, Ustadz H.M. Ikhsan, S.Pd.,M.Pd.I, Ustadzah Khoridotul Ilmiyah, S.Ag, Ustadz Sholeh S.Ag, Ustadz Drs. M. Munif, Ustadzah Nurul Arofatin S.Pd.I, dan Ustadz Sugeng Rahardjo, S.Si.

Kegiatan Pondok Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memberikan bekal kepada siswa/i tentang hal – hal yang berhubungan dengan Ibadah di bulan Ramadhan, seperti menanamkan nilai adab, pembiasaan baik serta memperkenalkan ibadah khusus di bulan Ramadhan seperti puasa, terawih dan sebagainya. Kegiatan pondok romadhan dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan karakter religius bagi peserta didik.  “Tujuan dari kegiatan pondok romadhan ini sebetulnya adalah untuk menumbuhkan sikap religius dan ini sangat bagus dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Jadi harapannya adalah para siswa ini dapat membiasakan perilaku agamis bukan hanya di sekolah saja tapi juga di rumah dan ini bisa menjadi karakter yang melekat sampai seterusnya” Tutur Bpk. Sugeng Rahardjo, S.Si selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum.

Dilansir dari laman ditpsd.kemdikbud.go.id, Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dengan enam ciri utama, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

Berdasarkan pemaparan profil pelajar pancasila tersebut menunjukkan bahwa kegiatan pondok ramadhan adalah salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia. Peserta didik akan mendapatkan bekal pengetahuan agama yang cukup sehingga dapat melaksanakan ibadah di bulan suci dengan maksimal serta menumbuhkan sikap religius yang dapat diterapkan bukan hanya di  sekolah namun juga di luar sekolah. (wnd)