Info Sekolah
Jumat, 24 Mei 2024
  • Modern Religius Kompetitif | Sekolah Model Berkarakter Penuh Prestasi

SMADEL Gelar Kegiatan Pondok Ramadhan 1445 H

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah / Kegiatan Sekolah / Umum

SMADEL–Pondok Ramadhan adalah salah satu agenda rutin di bulan ramadhan yang dilaksanakan oleh berbagai lembaga pendidikan. Sebagai sekolah yang memiliki slogan “modern dan religius”,  SMA Wahid Hasyim tentu saja tidak ketinggalan dalam melaksanakan kegiatan Pondok Ramadhan.  Mengingat bulan Ramadhan adalah momentum yang tepat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Setiap sekolah pun memiliki cara dan program masing-masing dalam melaksanakan Pondok Ramadhan. tapi pondok Ramadhan kali ini berbeda dengan Pondok Ramadhan tahun sebelumnya tahun ini bersamaan dengan ujian akhir kelas XII jadi Pondok Ramadhan tahun ini terbagi menjadi dua sesi, sesi yang pertama mulai tanggal 14 Maret 2024 – 23 Maret 2024 sesi pertama ini diikuti oleh seluruh siswa/i kelas XII sedangkan siswa/i kelas X dan XI melaksanakan PTS. Dan di sesi kedua dilakukan mulai tanggal 24 Maret 2024 – 02 April 2024 adapun sesi dua ini diikuti oleh seluruh siswa/i kelas X dan XI sedangkan kelas XII melaksanakan Ujian Akhir.

Kegiatan Pondok Romadhan diawali dengan sholat dhuha berjamaah dan dilanjutkan dengan tadarus Alqur’an hingga pukul 09.45. Setelah itu, peserta didik menuju ruangan yang telah ditentukan untuk mengikuti pengajian kitab yaitu Kitab Taisirul Khollaq untuk kelas X sedangkan peserta didik kelas XI mempelajari Kitab Wasiyatul Musthofa. Adapun ustadz dan ustadzah yang menjadi pembina pengajian kitab tersebut diantaranya adalah Ustadzah Hj. Siti Nuryanti, M.Ag, Ustadz Ubaidillah, S.Pd.I, Ustadz Sulaiman, Ustadz M. Nur Hasan, S.Si, M.Sc., Ustadz Ahmad Munib Junaidi, S.Pd.I, KH. Suudil Azka, S.Pd, Drs. KH. Abdul Azis M.Pd.I, Ustadz Drs. M. Munif, Ustadzah Nurul Arofatin S.Pd.I, Ustadz Sugeng Rahardjo, S.Si, dan Ustadzah Elisa Rahmawati S.Pd.

Kegiatan Pondok Ramadhan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memberikan bekal kepada siswa/i tentang hal – hal yang berhubungan dengan Ibadah di bulan Ramadhan, seperti menanamkan nilai adab, pembiasaan baik serta memperkenalkan ibadah khusus di bulan Ramadhan seperti puasa, terawih dan sebagainya. Kegiatan pondok romadhan dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat menumbuhkan karakter religius bagi peserta didik.

“Tujuan dari kegiatan pondok romadhan ini sebetulnya adalah untuk menumbuhkan sikap religius dan ini sangat bagus dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME,” kata Pak Sugeng selaku waka kurikulum SMA Wahid Hasyim Model Sumberwudi Karanggeneng.