Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Modern Religius Kompetitif | Sekolah Model Berkarakter Penuh Prestasi

Himpunan Alumni SMA Wahid Hasyim Model Mengadakan Expo Campus untuk Siswa Kelas XII

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

SMADEL--Sabtu 28 Januari 2023 bertempat di Aula SMA Wahid Hasyim Model Karanggeneng telah dilaksanakan kegiatan Expo Campus. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Himpunan Keluarga Mahasiswa Alumni SMA Wahid Hasyim Model (HIKMAH), khususnya para alumni yang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Kegiatan expo campus ini merupakan ajang promosi perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Adapun Perguruan Tinggi yang dipromosikan diantaranya adalah Univeritas Brawijaya, Institute Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Trunojoyo, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Universitas Padjadjaran, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret Surakarta, UPN Veteran Jawa Timur, Universitas Darul Ulum Lamongan,  dan masih banyak lagi Pergururan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia.

Kegiatan Expo Campus dimulai pukul 07.00 dan dibuka oleh oleh Bpk. Dr. H. AH. Zakki Fuad, M.Ag selaku kepala sekolah dan dihadiri oleh para guru, karyawan serta seluruh siswa siswi kelas XII. Ekspo Campus yang digelar di SMA Wahid Hasyim Model Karanggeneng memiliki tujuan untuk memberikan informasi seputar Perguruan Tinggi di Indonesia dimana kegiatan ini sebagai salah satu bekal siswa siswi kelas XII yang sebentar lagi akan lulus dari sekolah. Para alumni memperkenalkan kampus masing-masing dan saling berbagi pengalaman seputar kehidupan perkuliahan. Selain itu, dengan adanya expo campus diharapkan dapat membantu siswa kelas XII untuk memilih perguruan tinggi yang diinginkan, karena dalam berbagai kasus banyak sekali siswa yang mengalami kebingungan serta keraguan ketika harus memilih Perguruan Tinggi ataupun Jurusan yang tepat.

Selain memperkenalkan berbagai kampus kepada siswa kelas XII, dalam kegiatan expo campus ini juga dilaksanakan seminar dengan tema ‘Kenali Minatmu! Bangun Masa Depanmu!. Putri Nabilah, seorang mahasiswi Universitas Airlangga, menjadi pemateri dalam seminar tersebut. Meskipun masih berstatus sebagai mahasiswa, putri cukup sukses sebagai seorang influencer dan menjadi keynote speaker dalam berbagai acara seminar, diantaranya adalah ‘Indonesia Connect: Break the boundary, Reach Your IISMA Scholarship’, ‘Preparing Yourself for An International Scholarship’ dan sebagainya. Bagi putri, ini adalah pengalaman pertama untuk menjadi pembicara didepan para pelajar SMA “sebelumnya saya menjadi pembicara untuk para mahasiswa yang akan meraih beasiswa, tapi saat ini saya bisa berdiri di hadapan para siswa yang sedang berjuang untuk masuk ke perguruan tinggi, ini adalah tantangan baru bagi saya karena kelas 3 SMA adalah saat-saat yang penting bagi seseorang untuk menentukan masa depan mereka dan harapannya apa yang saya sampaikan nantinya bisa memberikan motivasi kepada mereka untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya”.

Para siswa kelas XII pun sangat antusias dan termotivasi dengan berbagai pengalaman dan wawasan yang diberikan oleh Putri. Juspiana, salah satu siswa kelas XII menyampaikan kesan-kesannya setelah mengikuti seminar tersebut “Kak Putri sangat menyarankan kami untuk melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan, karena kuliah bukan hanya belajar tentang teori tapi juga belajar bagaimana kehidupan yang mandiri, dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang dari berbagai kota bahkan dari berbagai negara dan juga dapat menambah bekal pengalaman dan keahlian untuk bekerja nantinya”.

Kegiatan Expo Campus ini diakhiri dengan promosi perguruan tinggi, dimana para alumni akan memperkenalkan kampus masing-masing dalam sebuah booth dan siswa akan mengunjungi booth satu persatu untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam terkait kampus yang ingin dituju. Dengan adanya kegiatan expo campus ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa siswi SMA Wahid Hasyim Karanggeneng untuk melanjutkan kuliah, bahwa kesempatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi  bisa didapatkan oleh semua orang selama ada keinginan dan juga usaha. Seperti yang dikatakan oleh Bapak Kepala Sekolah dalam pidatonya bahwa “jika kalian ingin mengubah dunia, maka kalian harus meraih pendidikan setinggi-tingginya”