Info Sekolah
Rabu, 25 Jan 2023
  • SELAMAT MEMASUKI SEMESTER GENAP AJARAN 2022/2023"

Juspiana, Meraih Penghargaan Pencipta Lagu Terbaik pada Giat Kemah Pelajar Pancasila di Bali

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah / Kegiatan Sekolah

SMADEL–Dalam rangka memberikan layanan dan pembinaan pendidikan yang lebih baik bagi peserta didik Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat, Daerah 3T dan Wilayah Perbatasan dan Repatriasi serta mendukung visi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk menciptakan Profil Pelajar Pancasila, Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus melalui Fungsi Peserta Didik  melaksanakan kegiatan Kemah Pelajar Pancasila bagi peserta didik Program ADEM tahun 2022.

Kemah pelajar Pancasila ini dilaksanakan pada tanggal 22 November hingga 26 2022 di Bali. Adapun materi Kemah Pelajar Pancasila yang akan diberikan kepada peserta adalah bimbingan teknis Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan bimbingan kreatifitas dan keterampilandalam bidang: 1) Mencipta lagu, 2) Menyanyi, dan 3) Pemanfaatan Sosial Media (Instagram dengan Fotografi dan Tiktok dengan Videografi). Ada sebanyak 176 peserta yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia yang lulus seleksi untuk mewakili sekolah dan provinsi di bidang lomba keterampilan masing-masing.

Juspiana adalah siswa SMA Wahid Hasyim Model yang lulus seleksi untuk mengikuti kegiatan Kemah Pelajar Pancasila mewakili kontingen Jawa timur di bidang Cipta Lagu. Selama dua hari kegiatan peserta di bentuk menjadi empat kelas yang sudah di gabung dari macam-macam asal provinsi dan satu kelas khusus peserta SLB yang ada di Bali. Juspiana masuk di Kelas Cerdas selama bimbingan teknis P5. Mereka diajak minum vitamin dengan membaca modul pelajar Pancasila dari para fasilitator, kemudian berdiskusi dan menyelesaikan tugas secara berkelompok.

Para peserta juga melakukan presentasi untuk melatih kepercayaan diri serta diberikan berbagai ice breaking/game yang seru yang dapat mengajarkan arti Pelajar Pancasila untuk para peserta. Para peserta menampilkan satu persembahan sekreatif dan sesuai keinginan mereka di panggung utama untuk mewakili persembahan kelas masing-masing kemudian masing-masing kelas mendapatkan apresiasi sesuai nominasinya. Juspiana yang berada di Kelas Cerdas yang menampilkan yel-yel, bernyanyi sambil menari hingga berhasil mendapatkan nominasi sebagai kelas terkreatif.

Selanjutnya para peserta dibagi per kelas lagi sesuai dengan bidang keterampilan masing masing. Juspiana yang bergabung di kelas keterampilan cipta lagu belajar mengenai sturuktur pembuatan lagu, tangga-tangga melody/nada, belajar bermain musik, membuat lagu, dll. Kemudian di hari terakhir para peserta satu persatu bergiliran untuk mempresentasikan lagu yang telah dibuat sewaktu seleksi lomba Kemah Pelajar Pancasila kepada fasilitator/juri di bidang Cipta Lagu.

Saat pengumuman dan penutupan Juspiana sempat tampil tari untuk persembahan kelas cerdas juga menyanyi untuk persembahan di kelas cipta lagu dan menyanyi. Kemudian saat tiba pengumuman nominasi peserta terbaik di bidang keterampilan Fotografi, Videografi, Menyanyi, Cipta Lagu di dalam Kemah pelajar Pancasila tahun 2022. Juspiana mendapatkan apresiasi sebagai pencipta lagu terbaik 1 di giat Kemah pelajar Pancasila 2022 di Bali mewakili kontingen Jawa Timur.

“Ini adalah hal yang sangat saya syukuri karena dengan adanya acara ini, saya mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan juga pengalaman yang takkan terlupakan. Harapannya mampu meningkatkan kemampuan saya dan dapat bermanfaat bagi negeri maupun lingkungan sekitar,” ujar siswa kelas XII IPS.2 ini. (Jsp/Hsn)