Info Sekolah
Jumat, 24 Mei 2024
  • Modern Religius Kompetitif | Sekolah Model Berkarakter Penuh Prestasi

LIFE SKILL TRAINING 2023 KEMBALI DIGELAR DENGAN EMPAT BIDANG PELATIHAN

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

SMADELLife Skill adalah program pelatihan yang bersifat aplikatif dan dapat dipraktekkan untuk membentuk kemampuan dan keterampilan dalam menghadapi tantangan pasar tenaga kerja dan sumber daya manusia (SDA). Kegiatan ini diadakan setiap satu tahun sekali. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan keahlian siswa dalam menghadapi perannya dimasa yang akan datang. Program life skill ini merupakan salah satu persyaratan kelulusan siswa kelas XII SMA Wahid Hasyim Model.

Melalui kegiatan Life Skill ini para siswa/i kelas XII SMA Wahid Hayim Model diberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan peluang pekerjaan setelah lulus dari SMA. Bidang yang dipilih dalam Life Skill kali ini tentunya menyesuaikan dengan perkembangan dan peluang dalan dunia kerja. Selain itu, bidang pelatihan yang dipilih juga didasarkan atas minat para siswa/i. Adapun bidang yang menjadi fokus dalam program life skill kali ini adalah Barista, tata boga, tata rias, dan sablon.

Peserta didik kelas XII pun sangat antusias untuk mengikuti pelatihan life skill. Pada program Life Skill kali ini, jenis pelatihan yang paling banyak diminati oleh siswa adalah bidang pelatihan barista dan masih didominasi oleh pelajar laki-laki.  Hal ini dikarenakan trend ‘nongkrong di warung kopi’ bagi kalangan muda menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka untuk bukan hanya sekedar menjadi penikmat kopi, namun bagaimana mereka juga bisa menguasai skill dalam membuat kopi dengan rasa yang enak dan berkreasi sesuai dengan selera yang diinginkan.  “Siswa/i Wahid Hasyim Sangat kreatif dan asyik, mereka begitu fokus dalam memperhatikan setiap detail proses pembuatan kopi. Sebagai kakak tingkat, saya hanya ingin berpesan apapun pekerjaannya tetap semangat dan jangan mudah putus asa, apapun cita cita kalian teruslah kalian kejar”. Ucap Kak Gilang Rizki Ardiansyah. Gilang Rizki Ardiansyah bersama Abdullah Fahmi merupakan Instruktur pelatihan barista dan juga alumni SMA Wahid Hasyim Model.

Adapun pelatihan tata rias dan juga tata boga tentunya masih didominasi oleh pelajar perempuan, Hal ini tidak terlepas dari faktor budaya masyarakat tradisional yang menganggap bahwa memasak dan merias adalah pekerjaan perempuan. Namun dalam kesempatan kali ini, motivasi para pelajar untuk memilih pelatihan tata rias dan juga tata boga bukan hanya untuk diri sendiri maupun keluarga, mereka ingin menguasai skill tersebut sebagai nilai jual bagi mereka dengan harapan dapat dijadikan sebagai ladang usaha dan dapat meningkatkan penghasilan dikemudian hari. Mereka ingin belajar lebih luas tentang bagaimana teknik untuk menyajikan makanan dengan memperhatikan beberapa faktor yaitu estetika atau keindahan, kualitas rasa masakan, nilai kebutuhan gizinya, serta trend kuliner yang banyak digemari masyarakat saat ini.

Untuk pelatihan tata rias, SMA Wahid Hasyim Model bekerja sama dengan alumni yang akrab dipanggil Kak Roisa bersama dua asisten yang bernama Tety Susilowati Agustina dan Even Nur Afifah. Sedangkan untuk pelatihan tata boga bekerja sama dengan CV. Juara Food Nusantara. “Kami sangat antusias belajar bersama mereka selama tiga hari ini, Anak-anak SMA wahas menyenangkan dan friendly, mereka juga sangat cepat memahami apa yang saya jelaskan” Ucap Kak Aan Dwi Nurhidayah sebagai instruktur dan juga owner CV Juara Food Nusantara.

Perlu diketahui bahwa Kegiatan life skill tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 6 s/d 8 Mei 2023 (Sabtu – Senin).  Adapun pembukaan Kegiatan Life Skill ini  dilaksanakan pada hari sabtu, 6 Mei 2023 Pukul 08 : 00 WIB dan langsung dibuka oleh Kepala Sekolah SMA Wahid Hasyim Model.  “Jangan pernah putus asa dan teruslah mencoba berkali – kali sampai cita – citamu tercapai” ucap Bpk. Dr. AH. Zakki Fuad, M.Ag. selaku Kepala Sekolah SMA Wahid Hasyim Model. (wnd/dn)