Info Sekolah
Jumat, 25 Nov 2022
  • SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2022"

Peringati Hari Santri Nasional, Yayasan Ponpes Nurul Huda Gelar Upacara

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

SMADEL–Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan menggelar kegiatan upacara peringatan Hari Santri Nasional yang dilaksanakan pada Sabtu, 22 Oktober 2022. Acara ini bertempat di lapangan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Sumberwudi.

Upacara peringatan Hari Santri ini diikuti oleh para dewan guru, karyawan, staf tata usaha, dan juga siswa/i se-Yayasan Ponpes Nurul Huda. Di antaranya mulai dari TK Bunga Harapan, MI Islamiyah, SMP Wahid Hasyim, dan SMA Wahid Hasyim Model Sumberwudi. Adapun untuk yang menjadi petugas upacara diambil dari beberapa anggota OSIS SMA Wahid Hasyim Model. Dalam kesempatan ini, KH. Ahmad Anzari, B.A. bertindak sebagai pembina upacara dan doa dipimpin oleh KH. Su’udil Azka, S.Pd.

“Kita sebagai santri harus tahu bahwa semua itu adalah ajang (mencari) ilmu, jadi nyantri itu harus dituntun oleh Kyai dan nyantri itu harus mendapatkan ridho dari Kedua Orang Tua,” pesan KH. Ahmad Anzari, B.A. pengasuh Ponpes Nurul Huda.

Pada peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 kali ini mengangkat tema utama, yaitu “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Makna dari tema tersebut adalah menggambarkan peran santri dalam fase sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Kyai dan ulama, serta santri memiliki peran sangat penting dalam sejarah melawan dan menghentikan penjajahan di bumi Indonesia. Maka, momentum untuk terus mengingat perjuangan para santri dianggap penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik Indonesia.

Sehingga diadakannya upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun ini bertujuan meneladani peran besar para kaum kiai dan para santri dalam perjuangan malawan penjajah dari bangsa asing, serta meneladani semangat jihad yang didengungkan kepada para santri agar senantiasa menjaga keutuhan NKRI.

Alhamdulillah, upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun ini dapat berjalan dengan sangat baik dan berlangsung hikmat tanpa ada suatu kendalan apapun. Semoga jiwa santri selalu terpatri di dalam jiwa raga dan kita semua tetap istiqomah memperingati hari santri di tahun-tahun berikutnya. (Windy/Hsn)