Info Sekolah
Jumat, 25 Nov 2022
  • SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2022"

Persembahan Drama Kolosal dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah / Kegiatan Sekolah

SMADEL–10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan, hari ini ditetapkan untuk memperingati Pertempuran Surabaya yang terjadi pada tahun 1945, di mana para tentara dan milisi Indonesia yang pro-kemerdekaan berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda yang merupakan bagian dari Revolusi Nasional Indonesia.

Dalam hal ini, Teater Model berkolaborasi dengan anggota OSIS SMA Wahas Model dan tim paskibra “Kompas Model” kembali mempersembahkan sebuah drama kolosal yang bertempatkan di lapangan SMA Wahas Model. Drama yang ditampilkan menceritakan tentang terjadinya peristiwa perang besar di Surabaya antara rakyat Indonesia dengan tentara Belanda hingga peristiwa perobekan bendera Belanda yang berwarna biru dan mengibarkan kembali sebagai bendera merah putih.

Dengan persembahan ini menjadikan sebuah momen yang tepat untuk mengingat perjuangan para pahlawan untuk kemerdekaan Indonesia. “Saya merasa bangga karna bisa memerankan diri sebagai bung Tomo walaupun peran yang saya bawakan tidak sama persis dengan beliau saat berpidato,” kata Firdaus, pemeran Bung Tomo.

Seluruh siswa-siswi lainya dan para dewan guru SMA Wahas Model sangat antusias menyaksikan pertunjukan yang sangat spektakuler ini. Karena sebelum drama dimulai, para aktor menampilkan sebuah tari nusantara. Setelah mempersembahkan drama perjuangan Indonesia terhadap penjajah, Teater Model juga mempertunjukkan drama kedua yang menceritakan sebuah tragedi 1 Oktober 2022 di Stadion Kanjuruhan, Malang. Sebuah insiden penghimpitan kerumunan yang fatal yang terjadi pasca pertandingan sepak bola di Stadion Kanjuruhan hingga menewaskan ratusan anak muda yang merupakan supporter sepak bola.

Dengan peringatan ini, diharapkan siswa-siswi SMA Wahid Hasyim Model sebagai generasi penerus bangsa mampu memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai kepahlawanan. Juga meningkatkan rasa kecintaan serta kebanggaan sebagai bangsa dan Negara Indonesia. (Nzl/Hsn)