Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Modern Religius Kompetitif | Sekolah Model Berkarakter Penuh Prestasi

PILKATOSIS MENJADI BAGIAN DARI PROJEK P5 “SUARA DEMOKRASI”

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah


SMADEL – Kamis, 21 September 2023 telah dilaksanakan pemilihan ketua osis periode 2023/2024 di Halaman SMA Wahid Hasyim Model Karanggeneng. Pemilihan Ketua osis merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh setiap sekolah jenjang SMA. Namun, ada yang berbeda pada pemilihan Pilktosis tahun ini dimana kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan tema “Suara Demokrasi”. Mengingat tahun ini adalah tahun ke-dua pelaksanaan kurikulum merdeka, SMA Wahid Hasyim Model terus menggencarkan berbagai kegiatan untuk merealisasikan profil pelajar pancasila yaitu (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, (2) Bekebinekaan global (3) Bergotong Royong, (3) Mandiri, (4) Bernalar kritis, dan (5) Kreatif.
Adapun kandidat ketua osis periode 2023/2024 adalah M. Shofiyul Fuadi (Kandidat No. 1), Silfia Pratama Khoiriyah (Kandidat No.2), dan M. Arif Saifuddin (Kandidat No. 3). Sebelumnya, para kandidat ketua osis sudah melakukan kampanye dengan menyampaikan Visi dan Misi apabila terpilih menjadi Ketua osis. Para siswa pun sangat pro aktif untuk melontarkan pertanyaan kepada calon ketua osis pada saat kampanye. Tujuan dari pilkatosis adalah memberikan ruang bagi para peserta didik untuk menumbuhkan sikap demokratis dan tanggumh jawab. jawab dengan menerapkan asas Luber Jurdil (Langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil).
Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum yaitu Bapak Sugeng Rahardjo, S.Si dan dilanjutkan dengan sambutan ketua osis periode 2022/2023, Muhammad Firdaus. “Seorang pemimpin harus bisa berpikir kritis, bisa bergotong royong untuk menggerakkan semua anggotanya untuk bersama-sama mewujudkan Visi dan Misi sekolah” ujar Bapak Sugeng Rahardjo dalam sambutannya.