Info Sekolah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Modern Religius Kompetitif | Sekolah Model Berkarakter Penuh Prestasi

SMA Wahid Hasyim Model Semarakkan Hari Raya Idul Adha 1445 H

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah / Kegiatan Sekolah

 

SMADEL–SMA Wahid Hasyim Model Sumberwudi turut menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah dengan mengadakan kegiatan kurban kambing pada hari Rabu, 19 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh beberapa bapak ibu guru, staff, dan pengurus OSIS.

Tradisi kurban ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun di sekolah ini. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan jiwa sosial dan kepedulian siswa terhadap sesama.

Pada kesempatan ini, kurban dilakukan dengan menyembelih seekor kambing. Bapak H. Sugeng Raharjo, S.Si. selaku penyembelih, menyampaikan bahwa kegiatan kurban di sekolah ini merupakan bentuk tarbiyah kepada siswa agar mau sedekah dan berkurban sebagian hartanya.

“Kurban ini bukan hanya tentang menyembelih hewan, tapi juga tentang makna di baliknya. Kita diajarkan untuk berbagi dengan sesama, terutama bagi yang kurang mampu,” ujar Pak Sugeng.

Daging kurban kemudian dibagikan kepada civitas sekolah dan masyarakat sekitar sekolah. Kegiatan ini disambut antusias dengan dilanjutkan kegiatan nyate dan membuat pentol lalu disantap bersama-sama.

Kepala Sekolah SMA Wahid Hasyim Model Sumberwudi, Dr. H. Ah. Zakki Fuad, M.Ag, mengatakan bahwa kegiatan kurban ini merupakan salah satu program sekolah untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada siswa.

“Kita ingin siswa belajar untuk berkurban, tidak hanya harta, tapi juga waktu dan tenaga mereka. Kita harap dengan kegiatan ini, siswa bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain,” tutur Pak Zakki.

Kegiatan kurban di SMA Wahid Hasyim Model Sumberwudi ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi sekolah lain untuk mengadakan kegiatan serupa. Dengan menanamkan jiwa sosial dan kepedulian sejak dini, diharapkan generasi muda Indonesia akan menjadi pribadi yang lebih peduli terhadap sesama.