Info Sekolah
Jumat, 24 Mei 2024
  • Modern Religius Kompetitif | Sekolah Model Berkarakter Penuh Prestasi

Yayasan Ponpes Nurul Huda Gelar Upacara Peringatan 61 Tahun Hari Pramuka

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah

SMADEL–Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Sumberwudi, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan menggelar kegiatan upacara peringatan Hari Pramuka Nasional yang dilaksanakan pada hari Ahad, tanggal 14 Agustus 2022. Acara ini bertempat di lapangan sebelah Selatan Komplek Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Sumberwudi.

Upacara peringatan hari pramuka ini dilaksanakan oleh para dewan guru, karyawan, staf tata usaha, dan juga siswa siswi seyayasan, mulai dari TK Bunga Harapan, MI Islamiyah, SMP Wahid Hasyim, dan SMA Wahid Hasyim Model Sumberwudi. Adapun untuk yang menjadi petugas upacara diambil dari Dewan Ambalan Panji Laras Liris Maharani pangkalan SMA Wahid Hasyim Model, Bapak Sugeng Rahardjo, S.Si. sebagai pembina upacara, dan doa penutup dipimpin oleh Romo KH. Su’udul Azka, S.Pd.

Pada peringatan hari pramuka ke–61 tahun 2022 ini mengangkat tema utama, yaitu “Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”. Makna dari tema tersebut adalah untuk menunjukkan tekad kita untuk terus mengabdi tanpa batas di berbagai bidang, pengabdian yang kita lakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam gerakan pramuka.

“Pengabdian itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana dan dilakukan di lingkungan keluarga kita masing-masing maupun di lingkungan masyaakat di sekitar tempat tinggal kita. Semua bentuk pengabdian yang kita lakukan sejalan dengan kode kehormatan kita, yaitu dwi satya dan dwi darma untuk pramuka siaga, serta tri satya dan dasa darma untuk golongan pramuka lainnya,” terang pembina upacara mengutip teks pidato Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Tidak kalah penting selain untuk memperingati hari lahirnya Pramuka di Indonesia, diadakannya upacara di lingkungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Huda Sumberwudi ini juga bertujuan membentuk mental generasi penerus bangsa agar berbakti pada nusa dan bangsa, serta menanamkan motivasi kepada peserta didik agar memiliki jiwa pramuka yang tidak boleh menyerah sebelum berusaha sekuat tenaga untuk mencapai cita-cita. Salam pramuka! (Haqqi/NH)