Info Sekolah
Minggu, 27 Nov 2022
  • SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2022"

Perkemahan Karya Tegak Ambalan Panji Laras Liris Maharani

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan Sekolah

SMADEL–Selepas dua kali vakum dikarenakan pandemi, akhirnya mulai tanggal 08 sampai 10 Oktober 2022, SMA Wahid Hasyim Model melaksanakan kegiatan Perkemahan Karya Tegak Ambalan Panji Laras Liris Maharani. Kegiatan ini bertempat di Bumi Perkemahan Mangrove Center Jenu Tuban dan diikuti oleh seluruh siswa/i SMA Wahid Hasyim Model mulai dari kelas X sampai XII. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman, melatih kemandirian, tanggung jawab, kerjasama, empati, dan disiplin. Selain itu dengan kegiatan Perkemahan Karya Tegak diharapkan dapat memupuk keberanian memimpin dan dipimpin, membiasakan diri mendahulukan kepentingan bersama daripada individu, dan dalam rangka penyegaran (refreshing) selepas melaksanakan Penilaian Tengah Semester kemarin.

Adapun pemberangkatan ke tempat lokasi perkemahan pada hari Sabtu 08 Oktober 2022 pukul 07:3o WIB. Seluruh peserta perkemahan berkumpul di lapangan SMA Wahid Hasyim Model untuk melaksanakan checking peserta terlebih dahulu. Setelah itu pada pukul 08:26 WIB seluruh peserta perkemahan berangkat ke lokasi perkemahan menggunakan armada truk. Setelah sekian lama di perjalanan sampailah di lokasi perkemahan pada pukul 11:52 WIB. Selanjutnya seluruh peserta perkemahan diperkenankan istirahat terlebih dahulu, lalu seluruh peserta perkemahan diminta untuk mendirikan tenda per Sangga.

Setelah pendirian tenda selesai, seluruh peserta perkemahan dipersilahkan untuk sholat dzuhur terlebih dahulu. Lalu pada pukul 14:00 WIB upacara pembukaan dimulai yang dipimpin oleh Bapak Sugeng Raharjo, S.Si selaku Waka Kurikulum SMA Wahid Hasyim Model dan upacara ini diikuti oleh seluruh peserta perkemahan, bapak/ibu guru pendamping, dan kakak-kakak pembina Pramuka. Upacara pun berjalan dengan sangat hikmat dan tertib. Setelah kegiatan upacara selesai dilanjut perlombaan ranking 1 yang harus diikuti oleh seluruh peserta perkemahan. Kegiatan selanjutnya yaitu lomba pembuatan tumpeng. Perlombaan ini perwakilan dari kelas, setiap kelas maksimal mengirimkan 5 orang untuk mewakili, dan perlombaan ini diberikan waktu selama 3 jam. Bagi peserta yang tidak dipilih untuk mewakili kelasnya untuk perlombaan tersebut diperbolehkan untuk istirahat terlebih dahulu dan melakukan sholat maghrib dan isya berjama’ah.

Lomba pembuatan tumpeng selesai pada pukul 20:00 WIB, dilanjut acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dipimpin oleh GP Ansor Ranting Kendal. Selain peringatan Maulid Nabi ada juga tradisi SMA Wahid Hasyim Model yang selalu digunakan setiap perkemahan, yaitu pemilihan Kepala Suku dari pihak guru. Adapun guru yang terpilih pada perkemahan tahun ini yaitu Pak Yudhistira, salah satu Guru Seni di SMA Wahid Hasyim Model. Kegiatan tersebut berlangsung sangat meriah hingga selesai pada pukul 23:00 WIB.

Di hari kedua, Ahad tanggal 09 Oktober 2022 pukul 04:00 WIB seluruh peserta perkemahan dibangunkan oleh kakak-kakak pembina agar melaksanakan sholat subuh berjama’ah. Usai sholat subuh, seluruh peserta perkemahan berkumpul di area perkemahan untuk melaksanakan senam pagi. Setelah itu pada pukul 07:00 WIB seluruh peserta mempersiapkan untuk Jelajah Medan. Kegiatan jelajah medan ini dimulai dari pukul 08:00 WIB sampai 11:30 WIB.

Setelah jelajah medan, peserta perkemahan dipersilahkan untuk membersihkan tenda untuk lomba kebersihan tenda. Selanjutnya seluruh peserta dipersilahkan untuk mempersiapkan lomba pawai budaya dan MFW (Mangrove Fashion Week) perlombaan tersebut dimulai pukul 14:30 WIB hingga 16:30 WIB. Setelah itu seluruh peserta beranjak untuk istirahat sholat dan makan (Ishoma) terlebih dahulu. Lantas pada pukul 20:00 WIB seluruh peserta wajib berkumpul di area perkemahan untuk menyaksikan malam puncak perkemahan yaitu Pentas Seni dan Penampilan Video Clip.

Pada hari ketiga, Senin tanggal 10 Oktober merupakan hari terakhir Perkemahan Karya Tegak SMA Wahid Hasyim Model. Hari terakhir ini setelah shalat subuh berjama’ah, ada kegiatan lomba senam. Lomba tersebut diikuti oleh perwakilan setiap kelas, di mana wajib mengirimkan maksimal 12 orang untuk mengikuti lomba tersebut. Lomba senam dimulai pukul 06:00 WIB sampai 08:30 WIB. Setelah perlombaan selesai, peserta diperbolehkan bersih-bersih diri untuk persiapan upacara penutupan.

Upacara penutupan dimulai pada pukul 10:00 WIB. Upacara tersebut dipimpin oleh bapak Fuji Cahyono, S.Pd selaku Waka Kesiswaan SMA Wahid Hasyim Model. Selanjutnya seluruh peserta tidak boleh keluar dari area perkemahan terlebih dahulu, karena akan ada satu acara lagi yaitu pembagian hadiah oleh Bapak Habib selaku kordinator Pramuka SMA Wahid Hasyim Model. Setelah selesai melaksanakan pembagian hadiah pada pukul 12:30 WIB, seluruh peserta bersiap-siap untuk perjalanan pulang. Perkemahan tahun ini rasanya sangat meriah karena kali pertama dilaksanakan serentak seluruh siswa/i SMA Wahid Hasyim Model setelah sekian lama tidak ada perkemahan akibat pandemi Covid-19. (Windy/Hsn)