Info Sekolah
Selasa, 16 Agu 2022
  • 🇲🇨🇲🇨SMA WAHAS MENGUCAPKAN Selamat Hari Kemerdekaan RI ke-77 " PULIH LEBIH CEPAT, BANGKIT LEBIH KUAT"🇲🇨🇲🇨🇲🇨

program mpls sma wahas model tahun ajaran 2022/2023

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan Sekolah

Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada awal Tahun Ajaran Baru 2022/2023 masih menyesuaikan kondisi pandemi dan mematuhi aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kegiatan MPLS dapat diisi dengan program edukatif yang berisi pengenalan ekosistem sekolah dan menghindari perploncoan.

Tujuan MPLS 2022/2023 adalah mengenalkan budaya yang berkembang di sekolah, perkenalan sesama siswa, siswa dengan guru, dan dengan tenaga kependidikan lain. Selain itu, peserta didik baru juga dikenalkan dengan ekosistem dan sarana prasarana sekolah serta strategi sekolah dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini juga masih berkaitan dengan pembelajaran di masa pandemi.

Ada beragam rambu-rambu yang harus diperhatikan penyelenggara MPLS 2022/2023 untuk menghindari kejadian yang kurang baik. Rambu-rambunya tentu saja menjadi hak kewajiban guru, seperti tidak melibatkan siswa atau kakak kelas sebagai penyelenggara, materi diisi dengan kegiatan edukatif serta tidak dibenarkan perploncoan atau tindak kekerasan terhadap siswa.

Terdapat 4 indikator utama yang menjadi perhatian dalam pelaksanaan MPLS 2022/2023, yaitu 1). Tataran perencanaan; 2). Pelaksanaan, 3). Pemantauan dan; 4). Evaluasi, dan pelaporan.

Satuan pendidikan harus memahami kebutuhan peserta didik saat ini. Oleh karena itu, diharapkan melakukan asesmen diagnosis untuk mengetahui kebutuhan dan kondisi psikososial peserta didik. Data peserta didik diambil dari data PPDB yang kemudian harus diolah tim MPLS untuk jadi acuan perencanaan sehingga perencanaan berbasis data akan lebih memudahkan bagaimana satuan pendidikan melakukan MPLS dengan kreatif, inovatif, dan menarik.

Karena masih dalam masa pandemi, kebijakan bagi guru dan tenaga kependidikan dalam memasuki tahun ajaran baru adalah mengubah pola pikir guru. Hal yang di ubah adalah kondisi yang tidak nyaman menjadi nyaman. Walaupun ini tidak mudah dan perlu kecermatan dalam mengubah pola pikir namun sebagai guru penggerak maka sudah sewajarnya hal tersebut tetap menjadi yang terdepan.

Penyelenggaraan MPLS 2022/2023 harus dilakukan dengan pendekatan humanis, yaitu apresiasi atau penghargaan lebih diprioritaskan daripada sanksi atau hukuman karena para pendidik perlu meningkatkan motivasi belajar anak di masa yang sulit.

 

Dalam pelaksanaan MPLS 2022/2023 juga harus diberikan wawasan tentang profil pelajar pancasila, perubahan pola pikir, sikap, dan perilaku. Acara MPLS dapat diisi dengan cerita sukses atau keberhasilan dari sosok alumni atau sosok sukses dari kalangan industri (bagi sekolah kejuruan) yang dapat memberikan wawasan tentang industri atau keahlian tertentu.

Narasumber bisa didatangkan dari alumni dan kalangan industri yang didampingi oleh guru. Selain itu, dapat terus diulang pesan tentang bagaimana menerapkan protokol kesehatan untuk keselamatan dirinya dan orang lain.

Selain itu, MPLS masih perlu memberikan pemahaman tentang pola belajar masa pandemi Covid-19, baik daring maupun luring. Bahwa ada keunikan-keunikan yang harus disampaikan. Pada PTM terbatas, ada protokol kesehatan yang harus dikuti. Sementara itu, di PJJ perlu pendampingan orang dewasa dan sarana internet karena dalam MPLS 2022/2023 ini yang harus dibangun adalah komunikasi positif antara guru dan peserta didik.

Dibawah ini file materi MPLS 2022/2023 masa pendemi yang bisa digunakan sebagai referensi baik untuk satuan Pendidikan jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA  ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pentingnya mematuhi protokol kesehatan dimasa pendemi covid-19
  2. Menjaga hidup bersih dan sehat pasca pendemi covid-19
  3. Pengenalan kurikulum merdeka
  4. Pengenalan kurikulum 13
  5. Sadar hukum
  6. Pendidikan anti korupsi
  7. Narkoba dan dampaknya bagi kesehatan
  8. Tata krama dan budi pekerti
  9. Tata krama siswa
  10. Tata tertib siswa
  11. Pembinaan mental agama di sekolah
  12. Pendidikan karakter
  13. Profil Pelajar Pancasila
  14. Belajar efektif
  15. Kewirausahaan 
  16. Kesadaran berbangsa dan bernegara
  17. Kepramukaan arti dan makna wawasan wiyata mandala
Demikianlah informasi mengenai materi MPLS 2022/2023 yang bisa admin bagikan, sekiranya bisa membantu bagi panitia pelaksana MPLS di satuan pendidikan sehingga bisa memudahkan aktivitas MPLS tahun 2022/2023 di sekolah masing-masing.
Namun tidak menutup kemungkinan jika materi MPLS ini masih di berikan secara daring maka panitia dapat membuatkannya dalam bentuk video atau website sehingga bisa di pelajari dan bisa menjadi pengetahuan dasar yang bermanfaat bagi para peserta didik baru.

Post Terkait

Delaspart IV Tahun 2022

Rabu, 19 Jan 2022

ENGLISH CAMP BERSAMA INTERPIECE

Selasa, 11 Jan 2022
Lewat ke baris perkakas