Info Sekolah
Minggu, 27 Nov 2022
  • SELAMAT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2022"

Semarak Peringatan Bulan Bahasa di SMA Wahid Hasyim Model

Diterbitkan : - Kategori : Berita Sekolah / Kegiatan Sekolah

SMADEL–Bulan bahasa adalah bulan yang penuh makna yang bersifat sentimentil dan masih ada nilai nasionalisme. Bulan bahasa bertepatan dengan hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2022 tujuannya diadakan acara ini yaitu mengembangkan bakat dan minat siswa. Bulan bahasa ini merupakan acara tahunan yang diadakan OSIS SMA Wahas Model.

Acara ini berlangsung pada hari Rabu-Kamis tanggal 26-27 Oktober 2022 dan acara puncak ini berlangsung pada hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2022 yang bertempat di panggung SMA Wahid Hasyim Model Sumberwudi Karanggeneng.

Tanggal 26 Oktober 2022 dimulai lomba baca kitab yang diuji oleh bapak Munif Junaidi S.Pd dan ibu Siti Nuryanti M.Ag. Selanjutnya pada tanggal 27 Oktober 2022 diadakan lomba puisi, karaoke dan ada juga lomba secara daring yaitu lomba tari tradisional, ludruk, dan resensi. Untuk perlombaan ini dengan cara menyetorkan data/file video.

Pada puncak acara begitu semarak karena dalam acara ini menampilkan sebuah perlombaan, yaitu lomba tari tradisional, ludruk, karaoke, dll. Kegiatan ini menyedot animo seluruh warga sekolah. Selain dihadiri oleh siswa-siswi, turut mengundang bapak/ibu guru dan staff di SMA Wahid Hasyim Model, serta seluruh juri yang bersangkutan dengan perlombaan bulan bahasa tahun ini.

Dalam acara penutupan bulan bahasa ini, Prof. Dr. H. Ah. Zakki Fuad, M.Ag. selaku Kepala Sekolah memberikan motivasi kepada civitas akademika SMA Wahid Hasyim Model untuk membaca buku. Sehingga peringatan semacam ini bukan hanya seremonial belaka dan gerakan literasi tetap lestari.

“Para siswa, dan bapak/ibu guru marilah kita kembali kepada buku yang ada di belakang kita. Buku ini sudah lama tidak disentuh bahkan dibaca, diganti oleh handphone, laptop, dan lain sebagainya. Ada memori tersendiri dan romantis bersejarah ketika kita bisa membuka buku. Oleh karena itu marilah kita kembali ke buku, kita membaca buku. Walaupun buku itu secara fisik ada di HP, yang terpenting literasi membaca buku itu harus kita lestarikan kembali,” ajak Bapak Kepala Sekolah.

Acara bulan bahasa kali ini berjalan begitu lancar dan sangat meriah. Meskipun belum 100% sesuai dengan konsep awal, tapi menurut Bapak Ubaidilah selaku pembina OSIS SMA Wahid Hasyim Model, acara ini sudah sangat baik.

“Acara kali ini sangat begitu baik karena acara ini adalah program kerja tahunan atau kegiatan tahunan pertama untuk OSIS di tahun ini,” tegasnya. (Wnd/Hsn)